The Namesake

Written by admin on . No Comment, 74 views

The Namesake
Review (7.5/10)
(By bayu)

Satu lagi film India yang menyuguhkan tentang artinya kasih sayang kepada orang tua, tapi kali ini dengan tema Internasional yang manis dan relatif bisa dikatakan 'lumayan diam'. Film ini menceritakan bagaimana seorang ayah yang memberikan nama kepada anaknya yang baru lahir di kota New York. Peraturan di kota tersebut sang bayi tidak boleh di bawa hingga dia telah mempunyai nama dan sudah mengurus akte kelahiran yang di bantu oleh pihak rumah sakit. Kali ini mereka terpojok dan akhirnya memberikan nama bayi kecil mereka "Gogol" terinspirasi dari nama seorang novelis Rusia yang di gemari Ayahnya padahal dia memberikan nama itu dengan alasan dia memiliki dunia baru setelah kecelakaan kereta api hebat yang menimpanya saat dia sedang berbincang dengan lelaki separuh baya dikereta tersebut yang memaksanya untuk mencoba keluar India dengan pergi keluar negeri, disaat dia sedang membaca buku karangan GOGOL tersebut.

Dengan nama tersebut, Gogol tumbuh, bahkan orang tuanya telah menyiapkan sebuah nama baru yaitu Nickil untuknya saat Gogol pertama kali masuk sekolah, tetapi nampaknya Gogol menyukai nama tersebut hingga dia menggunakan nama itu hingga ia tumbuh dewasa. Saat dekat dengan kelulusannya, dia baru tahu bahwa Gogol adalah nama seorang novelis yang sangat jenius dan meninggal bunuh diri. Kenyataan ini membuatnya mempertanyakan kenapa orang tuanya menamakan dia Gogol, hingga sang Ayah memberikan hadiah sebuah buku yang ia pesan4 bulan lamanya untuk menghadiahkannya kepada Gogol, yaitu buku dengan judul dan pengarang yang sama yang dia baca saat di kereta tragis tahun 1974 lalu. Saat itu Gogol yang masih muda tidak memperdulikannya dan hanya menyimpannya tanpa membaca isi dari novel tersebut. Tahun 1995 adalah tahun di mana Gogol mencampakkan namanya dan menggunakan nama Nickil ke dunia.

Seiring waktu ia akhirnya semakin jauh dengan orang tuanya, dia banyak menghabiskan waktu dengan keluarga kekasihnya yang berdarah asing. Walaupun orang tua Gogol tidak menyukai kekasihnya yang bukan berdarah India, tetapi sesungguhnya mereka sangat menghormati pilihan anaknya, hingga hubungan itu harus berakhir ketika sang ayah Gangali meninggal di Ohio karena serangan jantung, disaat tak ada satupun anggota keluarganya bersama dia. Gogol kemudian merasa sangat bersalah dan mulai menggunakan namanya kembali walaupun baru diantara anggota keluarganya saja, dia masih malu menggunakan atau memberitahukan namanya yang sebenarnya terlebih ketika akhirnya dia menikah dengan gadis India yang pernah di pertemukan oleh keluarga mereka, gadis yang telah berubah menjadi sangat manis dan sexy, akhirnya mereka menikah, tapi diluar dugaan sang istri tidak mau merubah nama keluarganya dengan nama keluarga suaminya, karena dia merasa namanya telah banyak di kenal dan akan merepotkan jika dia merubah namanya, walaupun kecewa Gogol akhirnya menyetujui permintaan istrinya.

Tapi siapa sangka bahwa istri yang sangat di cintainya rupanya memiliki affair dengan kekasih lamanya di Perancis, hal itu diketahuinya saat dia harus menghadiri acara perpisahaan ibunya yang ingin kembali ke India, dia pun hanya pergi sendiri tanpa ditemani sang istri dan menjadi pertanyaan bagi sang Ibu atas ketidakhadiran sang menantu. Kepergian ibunya ke India merupakan kepergian yang akan membuat rumah kenangan mereka harus dijual. Gogol pun menyempatkan kesempatan itu untuk melihat kamarnya, mencoba mengingat kenangan yang ada, dan disanalah dia menemukan novel yang dihadiahkan ayahnya. Sebuah catatan disana "Buku untuk yang memiliki nama yang sama dengan penulis buku ini, dan orang yang telah dinamai oleh orang yang mengagumi namanya." Dia pun akhirnya mengerti bahwa nama yang diberikan orang tuanya adalah doa, bukan untuk diperdebatkan. Nama yang seharusnya di hormati, karena nama itu adalah bukti cinta mereka padanya.

Trailer

Keyword : Eli, Eko, Iman, Ayang, KARA, Sana, IU, Yuka, Asin, Anya, A Di, Ant, Anak, Arena, Ayan, Cinta, Dara, EMI, Enam, Ex, Guru, Haru, May, Up, FILM, Bi, Maya, Emil, Tika


Share This :